Benarkah Spare Part Vespa Matic Mahal ? Ini Tips Agar Gak Selalu Ke Bengkel
Benarkah Spare Part Vespa Matic Mahal ?, Ini Tips Agar Gak Selalu Ke Bengkel, photo humanonwheels.id |
Skuter Matic Vespa pabrikasi Piaggio ini semakin ramai di Indonesia sekitaran tahun 2011-an. Waktu itu Vespa keluarkan type LX dengan lampu depan yang unik berwujud bulat.
Walau kekinian, bodynya masih tetap dibikin dengan classic seperti vespa secara umum, cukup kembung dan datang dengan variasi warna-warni.
Sesudah type LX laris di pasar, selanjutnya ada beragam type yang lain seperti S, Sprint, Primavera, dan Super yang masing-masing mempunyai keunikan yang lain pula.
Banyak yang menyukai Vespa Matic, banyak juga yang mengeluh masalah maintenance-nya yang mahal, sekali service dapat sampai Rp 500 beberapa ribu, belum juga jika ada sparepart yang perlu ditukar, dapat mengambil kantong sampai juta-an rupiah. Sebetulnya harga pemeliharaan benar-benar relative. Berikut kami suguhkan daftar harga yang berkisaran seperti berikut :
1. Oli mesin Agip Citi Hi Tec 1 ltr: Rp 79.500
2. Oli gear atau CVT Repsol 120 ml: Rp 19.000
3. Filter udara: Rp 54.890
4. Oil Filter: Rp 54.890
5. Shoe Driving Pulley/ Piece slider 3pcs: Rp 24.255
6. Busi: Rp 93.500
7. Kampas rem depan (LX, Sprint, Primavera, i-get): Rp 173.250
8. Kampas rem depan ( Sprint 3V, GTS 150): Rp 301.950
9. Kampas rem belakang (LX, Sprint, Primavera, i-get): Rp 115.500
10. Kampas rem belakang (Sprint 3V, GTS 150): Rp 150.150
11. Roller untuk mesin 3V 6pcs: Rp 138.600
12. V-belt / Drive belt: Rp 433.400
Supaya tidak boros saat waktunya servis, karena lebih bagus terhindar dari pada mengobati. kalian dapat ikutin beberapa tips berikut supaya Vespa kalian masih tetap tahan lama dan tidak harus keluarkan dana yang mahal untuk maintenance.
1. Rajin-rajin untuk bersihkan Vespa kalian
Rajin-rajin untuk membersihkan Skuter Matic Vespa kalian jika sudah kotor. Debu-debu yang melekat di bodi dan mesin dapat memunculkan permasalahan serius nanti, khususnya seandainya sesudah terserang air hujan.
Air hujan dan debu yang melekat di mesin jika tidak selekasnya di membersihkan dapat buat karatan dan keropos.
Itu lah empat panduan gampang yang dapat kalian kerjakan dalam menjaga Skuter Matic Vespa. Dengan perawatan dan pemakaian yang betul, kalian tidak akan keluar uang banyak buat maintenance.
2. Memakai bahan bakar yang pas
Skuter Matic Vespa dibuat untuk memakai bahan bakar dengan oktan tinggi, sekurang-kurangnya di atas RON 90. Jika di Indonesia, kalian dapat memakai Pertamax yang mempunyai RON 92, Pertamax Turbo RON 98, atau Shell Power RON 95.
Keunggulan pada memakai bahan bakar oktan tinggi ialah proses pembakarannya akan optimal, jadi tidak tinggalkan kotoran di selang bensin. Hal itu sudah pasti membuat perform mesin terbangun dan tentu saja tarikannya masih tetap enak.
3. Servis teratur tiap 10.000 km
Spare Part Skuter Matic Vespa termasuk mahal jika dibanding dengan beberapa motor pabrikasi Jepang. Karenanya kalian harus menjaganya secara benar jika tidak ingin keluar uang banyak tiba-tiba.
Langkah supaya masih tetap jaga tiap part-nya masih tetap tahan lama dengan rajin-rajin servis. Servis dapat mencakup pengujian kelistrikan, tukar oli, sampai pembersihan CVT. Servis teratur ini dilaksanakan sekurang-kurangnya tiap 10.000 Kilometer.
4. Tidak boleh kebut-kebutan di jalan yang hancur
Jalanan di Indonesia dapat disebutkan belum 100 % mulus, tentu ada banyak spot jalanan berlubang, terhitung di Ibu Kota Jakarta.
Untuk pengendara Skuter Matic Vespa, jangan cuman trabas saja jika ada jalanan yang rusak. Sedapat mungkin perlahan-lahan bahkan juga jika dapat di jauhi.
Meluncur di jalanan hancur dapat mempunyai potensi menghancurkan Shockbreaker dan Soket-socket yang berada di dalam bodi.